Ribuan buruh berdemonstrasi di Hari Buruh, akses ke istana ditutup

TEMPO.CO, Jakarta – Pada Rabu, 1 Mei 2024, ribuan buruh dari berbagai serikat buruh turun ke jalan di Jalan Medan Merdeka Selatan dan MH Thamrin, Jakarta Pusat. hari Buruh Secara internasional dengan berdemonstrasi di kawasan patung Arjuna Wijaya yang berjarak sekitar satu kilometer dari Istana Negara.

Para pekerja tersebut berasal dari berbagai organisasi seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSMPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Gabungan Serikat Pekerja Independen Manufaktur Indonesia (GSPMII) dan Aliansi Perempuan Indonesia. Ada pula Partai Buruh yang juga berdemonstrasi di Hari Buruh Internasional.

Para pengunjuk rasa mulai berkumpul di sekitar patung Arjun Wiwah sejak pagi. Long march dan orasi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Pemantauan Tempo Massa peserta aksi Hari Buruh saat itu baru datang ke Istana Negara hingga pukul 11.30 WIB. Akses menuju kantor Presiden Joko Widodo alias Jokowi ditutup.

Akses menuju istana dari Jalan Medan Merdeka Barat dihadang polisi. Selain itu, akses Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana juga diblokir.

Menurut Ketua Umum Partai Buruh sekaligus Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, sedianya para pengunjuk rasa berencana berdemonstrasi di depan Istana. Perayaan 1 Mei akan digelar di dua tempat (area patung Arjun Wijay dan Istana Negara). Satu acara di depan Istana tentu nanti akan berujung pada pembicaraan (bila akses diperbolehkan), ujarnya. Ucapnya di sela-sela unjuk rasa.

Periklanan

Said mengklaim pemerintah juga berencana menyambut delegasi buruh pada demonstrasi May Day hari ini. Kemungkinan hari ini Menteri Negara dan Kepala Staf Presiden akan menerima delegasi tersebut, ujarnya.

Namun, menurut Said, pertemuan antara perwakilan buruh dan pemerintah masih dalam proses perundingan. “Mungkin iya, kita tunggu kabar selanjutnya,” kata Said.

Demonstrasi Partai Buruh membawa dua tuntutan dalam aksi hari ini. Artinya, pemerintah dan DĽR membatalkan ringkasan undang-undang tentang penciptaan lapangan kerja. Selain itu, Partai Buruh juga menolak praktik outsourcing atau outsourcing pekerjaan dan upah rendah di Indonesia.

Pilihan Redaksi: Cara UPI dan Pengawas Unpad Cegah Upaya Penipuan UTBK



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *