Jokowi bilang kapasitas produksi sepeda motor listrik di RI 1,6 juta, baru tembus 100 ribu

TEMPO.CO, Jakarta alias Presiden Joko Widodo Jokowi mengatakan Indonesia masih memiliki peluang pasar yang besar untuk mengembangkan ekosistem kendaraan motor listrik. Jokowi mengatakan Indonesia mempunyai kapasitas produksi 1,6 juta sepeda motor listrik per tahun. Namun saat ini produksinya hanya mencapai kurang lebih 100.000 lembar per tahun.

Peluangnya masih besar, kata Jokowi saat meninjau pameran kendaraan listrik di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024. Tempo dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi optimistis ekosistem kendaraan listrik akan segera terbentuk di Tanah Air. Sebab, kata dia, pabrik baterainya akan mulai berproduksi bulan depan. Sementara itu, ada 59 pabrikan yang memproduksi sepeda motor listrik di Indonesia.

Produsen mobil listrik ada 5 dan akan ada 6. Bus listrik ada satu. Truk juga ada satu, kata Jokowi. “Ini adalah bangunan besar bagi ekosistem EV (kendaraan listrik) yang perlu kita lindungi agar tidak ada hambatan.”

Sedangkan untuk transfer teknologi, kata Jokowi, akan berjalan lambat. Begitu pula dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang persentase kenaikannya terjadi secara bertahap.

“Saya melihat mobil listrik (TKDN) sudah lebih dari 40 persen. “Itu bagus, tapi lambat,” kata Jokowi.

Menurutnya, permasalahan TKDN merupakan permasalahan jangka menengah dan panjang. “Jangan langsung minta 80 persen. Ini sudah dimulai, jadi kalau industri baterai listrik selesai, pabriknya selesai, ekosistemnya akan tercipta,” kata Jokowi. Ia mengatakan hal itu akan menjadi daya saing Indonesia di kancah global.

Pilihan Editor: Prabowo akan membentuk klub kepresidenan, beranggotakan Megawati, SBY dan Jokowi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *