Hari Pertama UTBK: Kurang dari 100 persen peserta hadir, 7 dikeluarkan dari layanan disabilitas

TEMPO.CO, Jember — Terdaftar sebanyak 1.700 peserta yang mengikuti ujian tertulis di komputer – Seleksi nasional berdasarkan ujian atau UTBK-SNBT 2024 pada hari pertama Universitas JemberSelasa, 30 April 2024. Dari dua pertemuan UTBK-SNBT hari pertama, persentase partisipasinya tidak mencapai 100 persen.

Hasil rekapitulasi panitia pelaksanaan UTBK-SNBT Universitas Jember menyebutkan, sesi pertama berkapasitas 970 peserta dari total 850 peserta yang terdaftar diikuti oleh 818 peserta atau 96,24 persen. Sedangkan pertemuan kedua dengan kapasitas 970 peserta dan 850 peserta terdaftar memiliki kehadiran lebih rendah lagi yaitu 765 peserta atau 90,00 persen.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember Slamin mengatakan, sebanyak 13.035 peserta akan mengikuti UTBK-SNBT di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Jumlah peserta tersebut terbagi dalam 27 laboratorium yang ada di Universitas Jember.

Ada dua gelombang dalam pelaksanaan UTBK-SNBT. Gelombang pertama dimulai hari ini, 30 April 2024 hingga 7 Mei 2024. Namun besok libur karena Hari Buruh Nasional yang berlangsung pada 2 hingga 7 Mei 2024. Gelombang kedua dimulai pada 14 Mei 2024. Karena kapasitas komputasi kita besar. Akhirnya gelombang kedua ini hanya kita adakan selama 2 hari saja, ujarnya.

Slamin mengungkapkan, pada proses pendaftaran jalur SNBT, masih ada peserta yang terjebak memilih fasilitas berkebutuhan khusus. Artinya, kata dia, fasilitas tersebut hanya diperuntukkan bagi penyandang disabilitas atau peserta yang membutuhkan.

Periklanan

“Tercatat sedikitnya 9 orang peserta yang melaporkan berkebutuhan khusus. Setelah dipastikan masing-masing peserta, 1 orang cacat fisik, 1 orang tidak bisa dikonfirmasi, 7 orang lainnya salah memilih fasilitas disabilitas,” ujarnya. , dengan peserta dipastikan berkebutuhan khusus yang dijadwalkan pada Kamis, 3 Mei 2024 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ia berharap para peserta cermat mengikuti petunjuk teknis yang telah diberikan agar UTBK-SNBT dapat terlaksana dengan baik.

Pilihan Editor: Kasus Hack Game Pokemon Terbaru, Jual Monster Selama 4 Bulan Dapat Hasil Jutaan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *