Alasan fast charge tidak berfungsi dan cara memperbaikinya

TEMPO.CO, JakartaBanyak faktor penyebab pengisian cepat itu tidak berfungsi lagi ponsel pintar. Jika Anda memiliki masalah dengan pengisian cepat di ponsel pintar Anda tidak perlu khawatir atau terburu-buru untuk membeli ponsel baru.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai berbagai penyebabnya pengisian cepat yang tidak berfungsi dan langkah memperbaikinya.

Alasan pengisian cepat tidak berfungsi

Banyak faktor yang mempengaruhi berfungsinya fungsi tersebut pengisian cepat di ponsel pintar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa fitur ini pengisian cepat di ponsel pintar sering tidak berfungsi:

1. Ada bug pada perangkat lunak

Terkadang itu adalah bug di perangkat lunak ponsel pintar dapat menyebabkan fungsi pengisian cepat tidak berfungsi dengan benar.

2. Port pengisian daya rusak

Kerusakan fisik pada port pengisian daya juga dapat menjadi penyebab utama masalah pengisian cepat.

3. Kabel pengisi daya rusak

Penyebab fast charge tidak berfungsi juga bisa karena penggunaan kabel charger yang rusak atau tidak sesuai.

4. Pengisi daya cepat yang tidak kompatibel

Menggunakan pengisi daya cepat yang tidak kompatibel ponsel pintar itu juga dapat menyebabkan masalah pengisian cepat tidak berfungsi.

5. Konsumsi baterai yang tinggi oleh perangkat

Konsumsi energi baterai tingkat perangkat yang tinggi juga dapat mengganggu fungsi pengisian cepat.

6. Gangguan yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang berjalan di latar belakang mungkin mengganggu proses pengisian cepat ponsel pintar.

Cara mengatasi fast charge tidak berfungsi

1. Aktifkan fungsi pengisian cepat

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat ternyata tidak berfungsi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan fitur fast charge sudah aktif. Terkadang fitur ini dapat dinonaktifkan secara tidak sengaja.

Untuk memeriksanya, buka pengaturan ponsel Anda lalu buka menu Baterai. Di sana, jangan lupa untuk mengaktifkan opsi “Pengisian kabel cepat”. Langkah ini sangat penting karena fiturnya pengisian cepat tidak akan berfungsi jika tidak diaktifkan.

2. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat tidak berhasil, langkah kedua yang bisa anda lakukan adalah menutup semua aplikasi yang berjalan di background.

Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang saat pengisian daya dapat memperlambat proses pengisian daya itu sendiri.

Untuk menghindari ketidaknyamanan ini, ingatlah untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan aktifkan mode hemat daya jika memungkinkan.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan proses pengisian daya yang lancar dan efisien.

3. Hapus cache perangkat

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat tidak berhasil, langkah ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan wipe cache pada perangkat. Data cache yang rusak dapat memengaruhi kinerja sistem dan menguras baterai Anda dengan cepat.

Oleh karena itu, membersihkan cache secara rutin dapat membantu mengatasi masalah tersebut pengisian cepat yang tidak berfungsi. Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache di ponsel Anda:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih “Kelola aplikasi” atau “Aplikasi” dari daftar opsi yang tersedia.
  3. Dalam daftar aplikasi, temukan aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya, lalu ketuk “Penggunaan penyimpanan”.
  4. Di menu Anda akan menemukan opsi “Hapus data” dan “Hapus cache”. Tekan kedua opsi untuk menghapus cache aplikasi yang dipilih.

4. Ganti kabel USB bekas

Periklanan

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat Jika tidak berhasil, langkah keempat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti kabel USB bekas. Kabel USB dapat rusak karena tekanan atau kekusutan yang terjadi dalam penggunaan sehari-hari.

Meskipun kabel USB yang rusak masih dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel, kecepatannya mungkin sangat lambat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah fast charge yang tidak berfungsi karena kabel USB rusak, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru dan berkualitas baik.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan ponsel Anda dapat diisi dengan cepat dan efisien.

5. Bersihkan port pengisian daya

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat tidak berhasil, langkah kelima yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan port chargernya.

Pastikan tidak ada kotoran atau noda yang menempel pada titik kontak atau port pengisian daya karena dapat mengganggu proses pengisian daya.

Jika perlu, Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk membersihkan port pengisian daya sebelum mencoba mengisi daya kembali.

Dengan membersihkan port pengisian daya secara rutin, Anda dapat memastikan proses pengisian daya berjalan lancar dan efisien.

6. Matikan data seluler dan koneksi WiFi

Untuk memecahkan masalah pengisian cepat tidak berhasil, langkah keenam yang bisa anda lakukan adalah menonaktifkan data seluler dan koneksi WiFi. Menghubungkan ponsel Anda ke Wi-Fi atau data seluler dapat memperlambat proses pengisian cepat, karena aktivitas internet menghabiskan baterai dengan cepat.

Oleh karena itu, disarankan untuk memutuskan sambungan telepon dari koneksi Internet saat mengisi daya.

Selain itu, mengaktifkan mode pesawat dapat membantu memperbaiki pengisian cepat yang tidak berfungsi dengan mematikan semua koneksi nirkabel secara bersamaan.

7. Lakukan pembaruan perangkat lunak pada ponsel Anda

Langkah terakhir selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memperbarui perangkat lunak di ponsel Anda.

Ada kemungkinan bug tersebut mengganggu proses pengisian cepat di sistem Anda dan memerlukan pembaruan perangkat lunak untuk memperbaikinya. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembaruan perangkat lunak pada ponsel Anda:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Temukan dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak” di menu pengaturan.
  3. Jika Anda melihat pesan bahwa pembaruan perangkat lunak tersedia, cukup ikuti petunjuk untuk memulai proses pembaruan perangkat lunak.

Dengan melakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa sistem operasi ponsel Anda tetap berjalan lancar dan efisien, bahkan saat sedang memproses pengisian cepat.

GHEA CANTIK NOORSYARIFA

Pilihan Editor: 10 Rekomendasi Fast Charging HP dari Berbagai Merk



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *